Minggu, April 14, 2024
Google search engine
BerandaBERITA DAERAHCiptakan Lapangan Kerja Kurangi Pengangguran, Kapolsek Buka Usaha Gula Merah

Ciptakan Lapangan Kerja Kurangi Pengangguran, Kapolsek Buka Usaha Gula Merah

SINARJATIM – Mengurangi jumlah pengangguran dan menciptakan lapangan kerja, usaha yang dirintis AKP Heru Purwanto Kapolsek Banyubiru terbilang sukses.

Usaha yang dirintis sejak tahun 2029 yang bergerak di bidang gula merah, sudah memproduksi banyak dan membantu mengurangi angka pengganguran serta taraf ekonomi masyarakat meningkat.

Pabrik gula merah milik Kapolsek tersebut berada di Desa Sumberejo, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur yang dinamai UD Gula Bagus.

“Bahan utamanya dasarnya tebu, Alhamdulillah warga sekitar sebanyak 16 orang dipekerjakan sesuai shift gantian ada siang dan malam,” katanya.

Selain itu, berdirinta UD Gula Bagus ini juga bisa membantu problematika petani tebu diwilayahnya, pasalnya petani kecil yang hanya memiliki satu sampai dua petak lahan bisa bergabung dengan kelompok binaan perusahaan gula/PG lain.

“Tebunya saya beli, dan tidak harus menunggu musim giling, setiap harinya dua truk tebu bisa masuk untuk diproduksi menjadi gula merah,” ucapnya.

Tak sampai disin, AKP Heru Purwanto juga akan terus berinovasi kedepannya akan mengolah limbah gula agar bisa memiliki harga jual dan bermanfaat.

“Rencananya limbah gula akan di olah menjadi pakan ternak dan pupuk organik, tapi ini kan terus dilakukan secara bertahap,” pungkasnya.

“Setiap harinya UD Gula Bagus ini bisa memproduksi gula antara 1,3 ton hingga 1,5 ton, sudah dipasarkan ke Banyuwangi, Blitar, Sidoarjo sampai Surabaya,” tandasnya.

“Yang terpenting itu saya bisa memberikan sumbangsih kepada warga masyarakat sekitar yang belum bekerja, lumayan bisa menambah pundi rupiah,” acap AKP Heru Purwanto.

Sementara itu, Ansori Kades Sumberwaru menambahkan, ” Saya berterimakasih kepada AKP Heru Purwanto, atas berdirinya usahanya bisa sedikit menurunkan angka pengangguran di desa sini,” kata Kades.***

Penulis : Str

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments