POLITIK PEMERINTAHAN

Dana Kemah Pemuda Dipermasalahkan, Menpora Kaget

SINARJAIM.COM – Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi mengaku terkejut Dana Kemah dan Apel Pemuda Islam Indonesia 2017 dipermasalahkan penggunaannya. Bahkan Polda Metro Jaya yang menangani kasus ini sudah memanggil dan memeriksa Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzari.

“Saya sangat terkejut karena selama ini tidak menemukan adanya pelanggaran pada kegiatan itu,” ucapnya Imam Nahrawi di Surabaya, Minggu (25/11/2018).

Ia juga menjelaskan inisiator dari acara kemah pemuda islam 2017 memang dirinya. Kegiatan tersebut guna memperkuat silaturahmi dan ukhuwah islamiah antara Pemuda Muhammadiyah dan Gerakan Pemuda Ansor.

Menurutnya, momentum tersebut adalah sangat bersejarah, selain dihadiri langsung Presiden Joko Widodo kegiatan tersebut juga dihadiri 20.000-an peserta.

“Berdasarkan dari kajian dan hitung-hitungan yang dilakukan Kemenpora semua sudah sesuai, dana sudah diberikan ke Pemuda Muhammadiyah dan GP Ansor, dan sudah dipertanggungjawabkan. Maka dari itu, saya kaget dengan adanya persoalan ini dan tidak tahu indikasinya apa. Akan tetapi, saya sudah bertemu dengan Dahnil Anzar yang menyampaikan kemungkinan karena atmosfer menjelang Muktamar Pemuda Muhammadiyah,” ujarnya.

Sebelumnya, Dahnil Anzar Simanjuntak sempat dimintai keterangan oleh penyidik Polda Metro Jaya pada hari Jumat, 23 November 2018 terkait dugaan penyimpangan dana Kemah dan Apel Pemuda Islam Indonesia di Pelataran Candi Prambanan, Jawa Tengah, 16 s.d. 17 Desember 2017.

Terkait pengembalian dana, Imam Nahrawi mengaku belum mengetahui secara detail. Namun, mekanismenya akan diserahkan ke Biro Keuangan karena bantuannya sudah berlangsung dan butuh kajian serta telaah mendalam.