PENDIDIKAN

Lawyer And Legal Akan Mengadakan Pendidikan Advokat di Karesidenan Kediri dan Madiun

Surabaya, sinarjatim.com – Bagi mahasiswa atau lulusan fakultas hukum untuk wilayah Karesidenan Kediri dan Madiun patut bergermbira. Pasalnya, Organisasi Advokat Perkumpulan Lawyer and Legal Konsultan Indonesia (LAWYER & LEGAL) kini akan membuka pendaftaran Pendidikan Calon Advokat (DIKCA) dan Ujian Profesi Calon Advokat (UPCA) angkatan II .

Ketua Umum LAWYER & LEGAL Drs.Kholik,SH.MPDi menyampaikan, ada yang beda dengan penerimaan peserta DIKCA II kali ini, dan sistem pelaksanaannya pun berbeda. Ia menjelaskan, peserta DIKCA dapat diikuti mahasiswa Hukum semester akhir dan setelah dinyatakan lulus, peserta tersebut akan diberikan Kartu Anggota sebagai Penasehat Hukum.

“Setelah dinyatakan lulus, kami akan perbantukan mahasiswa hukum tersebut  di Kantor LBH (Lembaga Bantuan Hukum), “ kata Ketua Umum LAWYER & LEGAL Drs.Kholik,SH.MPDi kepada wartawan Senin, (26/11).

Menurut Kholik, jurusan Ilmu Hukum sebenarnya sangat menantang. Karena Hukum adalah salah satu jurusan di Indonesia yang mahasiswanya paling banyak. Mereka para anak Hukum harus belajar giat agar bisa bersaing dengan mahasiswa jurusan lainnya.

“Jangan dipikir cuma anak Teknik atau Kedokteran saja yang harus belajar ekstra. Fakultas Hukum menuntut mahasiswanya berjuang agar bisa bersinar dari fakultas-fakultas lainnya,” ungkap Kholik.

Selanjutnya disampaikannya, pada pelaksanaan DIKCA II di Wilayah Karesidenan Kediri ini, pihaknya akan mengandeng Fakultas Hukum Universitas ternama di Karesidenan Kediri dan Madiun. Sementara untuk jadwal DIKCA II diresmikan dan diumumkan pada 1 Desember 2018, pendaftaran berbasis online. Rencana pendaftaran akan dimulai pada tanggal 03 – 31 Desember 2018.

Kepala Bidang Pendidikan LAWYER & LEGAL Yanti Purwani Widianto, SH.MH menyampaikan untuk mata kuliah dalam pendidikan tersebut pihaknya telah menyiapkan tenaga-tanag pengajar yang handal dari akademisi dan praktisi hukum.

“Untuk materi teori hukum, akan disampaikan dari akademisi fakultas hukum dan praktek hukum dengan pemateri dari praktisi hukum,” kata Kepala Bidang Pendidikan LAWYER & LEGAL Yanti Purwani Widianto, SH.MH.

Lebih lanjut, Yanti menyampaikan, mata kuliah yang akan diberikan dalam DIKCA LAWYER & LEGAL yakni Implementasi Peradilan Pidana dan Studi Kasus, Implementasi Peradilan Perdata dan Studi Kasus, Implementasi Peradilan Tata Usaha Negara (TUN) dan Studi Kasus, Implementasi Peradilan Mahkamah Konsitisi dan Studi Kasus, Implementasi Peradilan Tipikor dan Studi Kasus, Implementasi Peradilan Tipikor dan Studi Kasus, Implementasi Peradilan Hubungan Industrial dan Studi Kasus, Regulasi dan Implementasi Organisasi Bantuan Hukum, Alternatif Penyelesaian Sengketa, Due Diligence Teori dan Praktek dan Tehnik Praktek Advokat dan Management Advokat.

“Pola pendidikan akan dikemas dengan pola yang menyenangkan. Belajar tidak selamanya dalam bentuk situasi yang serius dan tegang, tetapi bisa dikemas dalam bentuk yang menyenangkan,” ungkap Yanti. (op)