Teh Telang Banyak Manfaat, Sampai Kirim ke Luar Negeri

SINARJATIM.COM – Berstatus pelajar aktif di SMA, Gadis muda bernama Septiana Sartika Putri (18) ternyata sudah dua tahun menggeluti usaha teh telang.

Perempuan asal Desa Jaten, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi ini membudidayakan teh telang dilahan milik orang tuanya, Rabu (10/8/22).

Perlu diketahui, tanaman teh ini memiliki beberapa khasiat salah satunya bisa bertindak sebagai Paracetamol, Penambah daya tahan tubuh, Penghilang Stres dan masih banyak lagi.

Bicara cuaca di Ngawi sendiri akhir akhir ini sangat dingin sekali, selain menyeduh secangkir kopi, teh telang ini wajib dicoba kala cuaca seperti saat ini.

Septiana menyampaikan bukan hal yang sulit untuk membuat racikan teh telang, bunga telang yang sudah dipetik selanjutnya bakalan dikeringkan langsung dibawah sinar matahari, hal itu dilakukan guna mengurangi kadar air.

“Seperti halnya menyeduh teh pada umumnya, bunga yang sudah kering bisa diseduh dengan air panas kemudian diminum,” katanya.

Ia juga menambahkan, teh biasa pada umumnya ketika diseduh akan berwarna merah, kalau teh telang ini warnanya biru, warna ini terjadi alami dari bunganya.

“Untuk kemasan langsung konsumsi, per pack nya dijual Rp 10 ribu,” tukas Septiana.

Pemasaran teh telang ini Septiana mengaku menggunakan jejaring media sosial (Medsos), pelanggannya ada yang dari Ngawi, Luar Jawa hingga mancanegara.

“Melalui marketplac, ia juga menuturkan sudah kirim 3 kilogram teh bunga telang ke negara tetangga yaitu Singapura,” tuturnya.

Perlu diketahui, Septiana dalam usahanya terbilang sukses pasalnya dirinya setiap harinya bisa menjual kurang lebih 100 pack teh bunga telang, menggiurkan diusianya yang masih muda sudah punya penghasilan sendiri.(Str)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *