Tingkatkan PAD, HTM Wisata Bakalan dinaikkan

SINARJATIM.COM – Kolam renang tawun merupakan sebuah wisata air yang berada di Ngawi, Jawa Timur tepatnya masuk di Kecamatan Kasreman, wisata ini asyik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Selain kolam renang, disini juga sering digelar event pasar jadoel yang menjajakan jajanan khas tempo dulu seperti cenil, wedang ronde dan sejenisnya, bayarnya pun tidak memakai uang asli melainkan menggunakan semacam koin dari kayu, Rabu 12 Januari 2022.

Untuk mendapatkan koin tersebut pengunjung bisa menukarkan uang aslinya kepada panitia untuk ditukar dengan alat transaksi tersebut, nominalnya beragam mulai Rp 1 ribu rupiah sampai Rp 5 ribu rupiah tergantung harga jajanan yang dibeli pengunjung.

Pengunjung juga bisa menukarkan kembali koin yang tersisa dengan uang asli, selain itu di tawun sendiri juga ada ritual yang dinamai keduk Beji yakni menguras sumber air di kolam renang ramai-ramai bareng masyarakat.

Semenjak pandemi kegiatan itu vakum sekitar dua tahunan, wisata kolam renang tawun juga ikut vakum, di tahun 2022 kini berangsur dibuka meskipun tetap mematuhi peraturan dan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan covid-19 dengan ketat.

di tahun anyar 2022 ini, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Ngawi bakalan naikan Harga Tiket Masuk (HTM) wisata tawun guna mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor pariwisata.

Wisatawan yang berkunjung ke tawun biasanya dikenai tiket sebesar Rp 5 ribu rupiah, kini HTM lawas tersebut bakalan naik menjadi Rp 10 ribu rupiah per orang.

Raden Rudi Sulisdiana kepala Disparpora Ngawi mengatakan, perlu adanya recovery untuk adanya peningkatan PAD Ngawi tahun 2022 salah satunya melalui peningkatan HTM, katanya.

“Memang sudah wayahnya HTM ditempat wisata dinaikan, HTM lawas Rp 5 ribu rupiah itu lebih murah ketimbang tarif parkir yang ada di wisata tersebut,” terangnya.***

Penulis : Sutrisno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *